Senin, 11 November 2013

SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER

PENDAHULUAN


A. LATAR BELAKANG
Secara umum Sistem informasi dapat didefinisikan sebagai suatu sistem di dalam suatu organisasi yang merupakan kombinasi dari orang-orang, fasilitas, teknologi, media prosedur-prosedur dan pengendalian yang ditujukan untuk mendapatkan jalur komunikasi penting, memproses tipe transaksi rutin tertentu, memberi sinyal kepada manajemen dan yang lainnya terhadap kejadian-kejadian internal dan eksternal yang penting dan menyediakan suatu dasar informasi untuk pengambilan keputusan.
 
Sistem informasi dapat diartikan juga sebagai sebuah sistem yang terintegrasi secara optimal dan berbasis komputer yang dapat menghimpun dan menyajikan berbagai jenis data yang akurat untuk berbagai macam kebutuhan.

Gambar komponen sistem informasi


B. RUMUSAN MASALAH
  1. Apa yang dimaksud dengan Sistem Informasi Berbasis Komputer ?
  2. Bagaimana aplikasi Sistem Informasi Berbasis Komputer ?
  3. Apa yang dimaksud dengan Sistem Pakar?
  4. Bagaimana aplikasi Sistem Pakar?
  5. Apa yang dimaksud dengan Sistem Pengambilan Keputusan?
  6. Bagaimana aplikasi Sistem Pengambilan Keputusan?
  7. Apa yang dimaksud dengan Artificial Intelegence?
  8. Bagaimana aplikasi Artificial Intelegence?
C.   TUJUAN
  1. Menjelaskan tentang Sistem Informasi Berbasis Komputer secara umum.
  2. Menjelaskan tentang Sistem Pakar.
  3. Menjelaskan tentang Sistem Pengambilan Keputusan
  4. Menjelaskan tentang Artificial Intelegence.


    DEFINISI

    SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER
    Sistem Informasi Berbasis Komputer adalah sistem pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis.

    Sistem Informasi Berbasis Komputer juga dapat di artikan sebagai:
    Sistem Informasi adalah sistem pembangkit informasi. Dengan integrasi yang dimiliki antar subsistemnya,sistem informasi akan mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya.
    berbasis komputer” dalam penjelasan Sistem Informasi mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem informasi. Secara teori, penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer. Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah “computer-based” atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer.

    Contoh Sistem Informasi Berbasis Komputer misalnya:
  5. Sistem Informasi Akuntansi
  6. Sistem Informasi Manajemen
  7. Sistem Pendukung Keputusan
  8. Automasi Kantor (Virtual Office)
  9. Sistem Pakar
SISTEM PAKAR
Sistem pakar adalah suatu sistem komputer yang menyamai kemampuan pengambilan keputusan dari sorang pakar. Kata menyamai memiliki pengertian bahwa system pakar diharapkan dapat bekerja dalam semua hal seperti halnya seorang pakar. System pakar merupakan salah satu cabang dari Artificial Intelligent yang membuat penggunaan secara luas pengetahuan yang khusus untuk penyelesaian masalah tingkat manusia yang pakar dalam bidang tertentu. System pakar terdiri dari 2 komponen utama yaitu knowledge base dan inference engine. Knowledge berisi pengetahuan yang digunakan dalam system pakar sedangkan inference engine menggambarkan kesimpulan yang dihasilkan oleh system pakar.

Tujuan dari sebuah system pakar adalah untuk mentransfer kepakaran yang dimiliki seorang pakar ke dalam computer, dan kemudian kepada orang lain. Aktivitas yang dilakukan untuk memindahkan kepakaran adalah sebagai berikut :
  1. Knowledge Acquisition
  2. Knowledge Representation
  3. Knowledge Inferencing
  4. Knowledge Transfering

SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Sistem yang berbasis komputer yang dipergunakan untuk membantu para pengambil keputusan dalam rangka memecahkan masalah-masalah rumit yang “mustahil” dilakukan dengan kalkulasi manual dengan cara melalui simulasi yang interaktif dimana data dan model analisis sebagai komponen utama. Pengertian sistem pengambilan keputusan (SPK) atau DSS (Decision Support System) secara umum adalah Sebuah sistem yang mampu memberikan kemampuan baik kemampuan pemecahan masalah maupun kemampuan pengkomunikasian untuk masalah semi terstruktur sedangkan secara khusus adalah Sebuah sistem yang mendukung kerja seorang manajer maupun sekelompok manajer dalam memecahkan masalah semi terstruktur dengan cara memberikan informasi ataupun usulan menuju pada keputusan tertentu. 


Artificial Intelegence

Artificial Intelegence (AI) adalah suatu proses yang menggunakan peralatan bantu (tools) secara mekanik dapat melaksanakan serangkaian kejadian dengan menggunakan pemikiran atau kecerdasana seperti yang dimiliki oleh manusia.
Artificial Intelegence (AI) dapat ditinjau dari dua pendekatan , yaitu :
  1. Pendekatan secara ilmiah (A Scientific Approach)
    Pendekatan secara ilmiah timbul berdasarkan sebelum terjadinya invansi dari komputer. Pendekatan ini melihat keterbatasan  dari komputer dan keterbatasan itu dapat diselesaikan dengan teknologi lanjutannya
  2. Pendekatan secara Teknik (An Engineering Approach)
    Pendekatan secara teknik ini adalah berusaha untuk menghindari pendiinisian dari AI, tetapi berusaha untk menyelesaikan masalah dunianyata dengan keunggulan / kecanggihan suatu teknologi.


    DAFTAR PUSTAKA
    http://labkom.stikom.edu/download/ebook/AI.pdf

 

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar