Rabu, 21 Maret 2012

Gangguan Kesehatan Mental

Akhir-akhir ini sedang booming kasus mengemudi setelah mengkonsumsi shabu atau alkhohol dan zat terlarang misalkan kasus Tabrakan Mobil Xenia Maut.
Kronologisnya pengemudi sebelum mengemudikan mobilnya, ia mengkonsumsi obat-obatan terlarang dan meminum alkhohol, sehingga pada saat ia menabrak korban, pengemudi kehilangan kesadarannya dan terlihat seolah-olah dia tidak melakukakan kesalahan apa-apa.
Jika dilihat dari Teori Kesehatan Mental

Menurut Erick Fromm
Indivudu menurut Fromm adalah pribadi yang teralienasi. Ia adalah orang asing bagi dirinya sendiri, sama seperti sesamanya menjadi asing baginya. Ia mengalami orang lain dari dirinya sendiri tidak sebagaimana adanya, tetapi terdirtosi lantaran kekuatan-kekuatan bawah sadar bekerja di dalam dirinya.

Akibatnya pengemudi tidak sadarkan diri saat menabrak korban lantaran ia sebelummnya mengalami
gangguan penggunaan zat-zat yang termasuk dalam kategori gangguan pada kesehatan mental
Gangguan penggunaan zat-zat merupakan Penggunaan alkohol berlebihan, obat bius, anfetamin, kokain, dan obat-obatan yang mengubah prilaku sehingga menjadi tidak sadarkan diri.

Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan terlarang jelas akan memperngaruhi kesehatan mental kita, misalkan penggunaan narkotika yang memiliki pengaruh berupa pembiusan, hilangnya rasa sakit, rangsangan semangat , halusinasi atau timbulnya khayalan-khayalan yang menyebabkan efek ketergantungan bagi pemakainya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar